Mengenal Saka Wanabakti Cabang Malang

Satuan Karya (Saka) Pramuka adalah  wadah pendidikan untuk  menyalurkan minat, mengembangkan bakat, meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang kejuruan. Selain itu, Saka juga dapat memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupannya dan pengabdiannya pada masyarakat, bangsa dan negara . Satuan Karya diperuntukkan pagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia 16-25 tahun.

Saka  Wanabakti adalah  satuan karya dalam Gerakan Pramuka Indonesia yang memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan  di bidang kehutanan dan lingkungan hidup serta menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab dalam mengelola sumberdaya alam. Ruang lingkup materinya meliputi pengelolaan hutan, pemeliharaan hutan dan sumber daya alam, penyelamatan hutan dan lingkungan hidup  serta pemanfaatan hasil hutan bagi masyarakat.

Saka Wanabakti bergerak dalam bidang cinta kehutanan dan lingkungan  hidup  yang terselenggara berdasarkan keputusan bersama Departemen Kehutanan Republik Indonesia dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang di  tandatangani pada tanggal 27 Oktober 1983 di Jakarta. Penyelenggaraan Saka Wanabakti dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka di tingkat pusat bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,  di  Provinsi  Jawa Timur dipusatkan di Dinas Kehutanan Kwarda Jatim sedangkan di tingkat Kabupaten berada di beberapa pangkalan dan berpusat di Kwartir Cabang masing-masing.

Anggota pramuka Saka Wanabakti adalah :

  1. Pembina Pramuka sebagai Pamong Saka (Pendidik) dan Instruktur (usia 20 tahun keatas)
  2. Pramuka Penegak (usia 16-20 tahun)  
  3. Pramuka Pandega (usia 21-25 tahun)  
  4. Pramuka Penggalang (usia 11-15tahun)     

Di Malang Raya terdapat beberapa pangkalan pramuka Saka Wanabakti  yang bernaung di bawah pembinaan  Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) yaitu di  Pujon,  Dampit,  Kepanjen, dan Kota Malang. Masing-masing  tempat latihan tersebut dinamakan pangkalan.

Krida adalah satuan kecil yang merupakan bagian kecil dari Satuan Karya sebagai bagian keterampilan tertentu.   Setiap krida memiliki syarat kecakapan khusus yang disebut SKK. Adapun Saka Wanabakti mempunyai 4 (empat)  krida yaitu ;

  1. Krida Tata Wana terdiri dari 3 (tiga) SKK yakni : 
    1. Perisalahan Hutan
    2. Pengukuran dan Perpetaan Hutan
    3. Penginderaan Jauh.
  2. Krida Reksa Wana terdiri dari 13 (tiga belas SKK, yakni :
    1. Keragaman hayati
    2. Konservasi Kawasan
    3. Perindungan  Hutan
    4. Konservasi Jenis Satwa
    5. Konservasi Jenis Tumbuhan
    6. Pemanduan
    7. Penelusuran Goa
    8. Pendakian
    9. Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan
    10. Pengamatan Satwa  
    11. Penangkaran Satwa
    12. Pengendalian Perburuan
    13. Pembudidayaan Tumbuhan.
  3. Krida Bina Wana yang terdiri dari 7 (tujuh) SKK yakni ;
    1. Konservasi Tanah dan Air
    2. Perbenihan  
    3. Pembibitan
    4. Penanaman dan Pemeliharaan
    5. Perlebahan
    6. Budidaya Jamur  
    7. Persuteraan Alam.
  4. Krida Guna Wana yang terdiri dari 6 (enam) SKK yakni ;
    1. Pengenalan Jenis Pohon
    2. Pencanahan Pohon
    3. Pengukuran Kayu
    4. Kerajinan Hutan Kayu
    5. Pengolahan Hasil Hutan
    6. Penyulingan Minyak Atsiri

Kegiatan  Saka Wana Bakti Cabang  Malang dalam 2 tahun terakhir antara lain ;

  1. Giat Saka Wana Bakti Pangkalan Kepanjen tanggal 12 Oktober 2021  bersama Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Malang di Desa Bangelan Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang.
  2. Deklarasi Penanaman Pohon pada tanggal 1 Maret 2020, di Coban Glotak Desa Dalisodo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang.  Acara tersebut dihadiri beberapa elemen masyarakat peduli lingkungan.
  3. Giat Saka Wanabakti  Pangkalan Kota Malang Sambang saudara  yayasan dan santunan anak yatim hari Minggu, tanggal 2 Mei  2021 kepada Yayasan  Yayasan Al-Kahfi  Jln Embong Brantas No 21 Malang.
  4. Latihan gabungan antar anggota Saka Wana Bakti Malang Raya  

Karena pandemi yang sudah berlangsung selama 2 tahun ini giat Saka Wana Bakti Malang masih sangat terbatas. Semoga tahun mendatang semakin maju dan berkembang. Salam rimba lestari.

Giat Saka Wanabakti dengan CDK Wilayah Malang
Sambang saudara dan santunan di Yayasan Al Kahfi Kota Malang
Deklarasi penanaman pohon

Penulis : Suhardi.SP.MM

Penyuluh Kehutanan Ahli Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *